TRANSLATE

Wednesday 5 January 2011

GAK MAKAN NASI = GAK MAKAN?


Bagi kebanyakan orang Asia, nasi adalah makanan wajib sehari- hari. Kebanyakan tempat makan di Asia juga menyediakan set menu lengkap dengan nasi.

Di Jepang, ada yg di sebut Bento adalah makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik. Ada juga sushi yang terdiri atas nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali variasi nasi komplit dengan lauk, misalnya nasi uduk, nasi liwet, nasi tutug oncom, nasi begana, nasi langi, nasi goreng, nasi kuning, nasi bakar, nasi timbel.

Ketika saya pergi ke Medan khusus untuk kuliner bersama 5 orang teman, agenda kita dari pagi sampai malam adalah menyambangi tempat- tempat makan di Medan. Buat kita.. seharian makan- makan itu sudah sangat bikin kenyang, tapi ternyata gak berlaku buat Rina yang kudu makan nasi. Jadi dia sendiri yang beli nasi 1 porsi untuk teman makan dia seharian dan nasinya disimpan wadah.
Rina says: " hahaha...ada namaku disebut.lontong pun buat aku belum bisa menggantikan nasi. "
Teman saya Yuli ketika jalan- jalan ke Bangkok, makan siang di KFC dan dia pesan- pesan ayam lalu terakhir minta nasi, dia sangka di sana ada jual nasi seperti di Indonesia. Di Thailand gitu loh, nasi kan banyak. Ternyata tidak tersedia nasi, yah kecewalah dia sambil bilang ke pelayannya “Yahhh koq di Thailand ga ada nasi?”. Pelayan di KFC, entah karena kasihan atau gimana akhirnya dia mengeluarkan nasi dan ditaruh di piring. “Katanya gak ada nasi, tapi koq ini ada?”. kata pelayan “Iya ini nasi bekal makan siang saya, buat kamu.. gratis” (In english).
Ada lagi cerita sepupu saya Ci Lilly. Dia adalah partner yang cukup asik dan kompak untuk urusan wisata dan jalan- jalan tapi kita jadi teman berdebat untuk urusan makan. Disaat perut lagi keroncongan dan pengen cari tempat makan terdekat, eh kita kudu kurilingan dulu mencari tempat makan yang menyediakan nasi. Sekali waktu, kita dijamu makan mie oleh temannya Ci Lilly di Singapore. Saya udah makan sampai kenyang dan Ci Lilly juga sudah menggangguk kenyang. Lalu kita balik ke hotel. Begitu sampai ke kamar, Ci Lilly minta diantar ke KFC, “Lho Ci bukannya udah kenyang?” jawabnya: “Cici belum makan nasi” hahahahaha.... 

No comments: