TRANSLATE

Sunday 28 April 2013

STREET FOOD, TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Street Food (makanan jalanan) menurut kacamata saya: makanan/ minuman yang dijual di pinggir jalan. Setiap bepergian ke mana pun saya selalu menyempatkan diri untuk bluksukan ke pasar dan mencari jajanan lokal. Indonesia, memiliki kekayaan kuliner yang beragam dari Sabang sampai Merauke ditambah pembauran penduduknya, meramaikan khazanah perkulineran yang luar biasa. Kebetulan karena saya lahir dan tinggal di tanah Sunda plus punya darah nenek moyang dari Cina, perpaduan kultur Cina- Sunda menghasilkan jajanan yang diklaim aseli Bandung seperti: bakso cuanki, bakso tahu, siomay Bandung dan lain sebagainya.

Bagi saya,  senikmat- nikmatnya makan di restoran, tidak ada yang mengalahkan kenikmatan makan jajajan di pinggir jalan. Kenapa? Kadang mungkin makanannya biasa aja tapi karena punya cerita jadi orang tetap bertahan mencari makanan itu, seperti kue jajan pasar yang terkalahkan oleh keik pelangi tapi bagi saya kue jajan pasar buatan si Nyonya yang udah uzur itu punya kenangan dari masa kecil saya. Ada juga tukang bakso jualan di gerobak butut yang berlokasi persis di sebelah rel kereta api, sambil melahap bakso sambil setiap beberapa saat dikejutkan dengan berisiknya suara kereta api. Semua makan di sana tanpa harus tahu siapa kamu, dari mana kamu berasal, apa pekerjaan kamu, apa jabatan kamu, apa profesi kamu. Kebanyakan penjual makanan jalanan itu menjajakan jualannya sendiri, dengan satu atau dua orang yang bantu, biasanya dari keluarga sendiri. Ketika tamu yang datang makan sedikit, penjualnya seringkali menyempatkan diri untuk ngobrol. Dari obrolan singkat lalu kemudian merasa akrab dan kemudian berjanji dalam hati untuk kembali kesana. Bisa jadi karena sering makan di sana lalu jadi kenal dengan penjualnya, bahkan hafal dengan kebiasaan kita.. "Koq tumben gak pesan es jeruk Neng?" "Mie jangan pakai bawang daun dan kuahnya yang banyak ya kan?" "Tumben ga bawa jeruk limo sendiri, lagi gak berbuah ya pohon jeruknya ya?" Kadang juga kalau saya datang sendiri lalu diajak ngobrol lalu ditanya "Mama sehat?" Kemudian diberi bonus gorengan plus sebait doa agar keluarga semuanya sehat ^.^

Saya mau cerita pengalaman pribadi. Saya bukan penggemar gudeg ceker, tapi ketika saya punya kesempatan pergi ke Solo saya mencari informasi kuliner wajib Solo dan salah satunya harus mencoba gudeg ceker legendaris yang katanya harus belinya tengah malam- subuh. Liburan bangun subuh? Whatttt.... Yang benar saja!! Ketika mampir salah satu pusat kuliner malam kota Solo untuk makan malam, ada cabang gudeg ceker legendaris ini dan karena saya dan teman saya bukan penggemar ceker, saya maksa- maksa beli sepasang ceker, sebelah untuk saya dan sebelah lagi untuk teman saya. Singkat cerita, sepasang ceker ayam itu berhasil membuat saya dan teman saya jatuh cinta sekaligus penasaran dengan si empunya nama. Malam itu pasang alarm dan subuh- subuh tanpa mandi bergegas naik taksi ke gudeg ceker kemudian hati senang bisa menatap langsung wajah si ibu sambil makan gudeg ceker satu piring. 


Makan makanan jalanan itu jorok dan asal-asalan dalam mengolah makanan? Ah emangnya makanan restoran itu terjamin hygienis? Terlepas dari maraknya pemberitaan di media, tayangan di televisi tentang penggunaan zat pewarna tekstil, boraks, formalin, plastik untuk menggoreng supaya renyah. Menurut saya, semua pemberitaan dan tayangan yang menyeramkan itu hanya untuk sensasi, supaya rating naik atau untuk informasi supaya orang- orang tidak jajan sembarangan. Ya terlepas dari masing- masing individu bebas memilih, mau tetap makan makanan jalanan atau tidak. Tak jarang saya pun  menerima pengaduan dari penjual bakso langganan saya yang mengeluh omzet menurun karena pemberitaan boraks dan formalin. Banyak koq para pedagang yang punya hati nurani, tulus berjualan makanan untuk kepuasan lidah para penikmatnya. Apalagi makanan jalanan yang bisa bertahan sampai beberapa generasi dan punya pelanggan sendiri dari jaman kakek nenek kita. Saya percaya di dunia ini semua harus melewati seleksi alam dan juga faktor keberuntungan. Kalau penjual makanan serius dalam berjualan dengan ketekunan, mempertahankan rasa secara konsisten, memperhatikan kebersihan dan dengan memasukkan rasa cinta dalam mengolah makanan, dia bisa bertahan dan berkembang. Soal harga, murah atau mahal itu relatif. Kalau di kota sendiri sih apalagi sudah langganan, menurut saya sih harganya masih masuk di akal. Saya masih bisa makan kenyang plus minum dengan Rp. 10.000 di beberapa makanan jalanan langganan saya. Jika sedang menemani teman ke tempat yang banyak wiswatawan domestik biasanya saya bicara bahasa Sunda, jadi harga masih okelah. Nah yang gawat itu ketika berplesir ke daerah lain yang tidak bisa bahasanya, jadi kalau harga jadi melambung tinggi saya hanya bisa pasrah.

Ingatkah apa makanan kegemaran Presiden Obama ketika kunjungan ke Indonesia? Bakso. Sebagian besar orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia menyebut sate dan nasi goreng sebagai makanan Indonesia favorit. Bakso, sate dan nasi goreng itu awalnya itu makanan yang dijual di jalanan. Di sekitaran rumah saya saja ada banyak sekali penjual bakso dan ketika malam hari sering terdengar teriakan penjual sate dan nasi goreng. Banyak pula makanan jalanan yang naik pangkat, masuk di restoran hotel- hotel berbintang, disajikan di jamuan kenegaraan, bahkan makanan jalanan bisa muncul di festival- festival kuliner di luar negeri. Jangan menganggap remeh makanan jalanan dan harus dilestarikan jangan sampai punah dan sebisa mungkin diperkenalkan kepada anak cucu kita agar mereka tahu bahwa kuliner Indonesia yang kaya ini awal mulanya berasal dari makanan jalanan (Street Food)
Femina

5 comments:

Fellexandro Ruby said...

Hi Cici yang doyan makan. Salam kenal fellow foodie ;)

Menarik nih tulisan street foodnya. I think debu dan joroknya is part of the ingredients. Haha.

Salam,
Koko yg doyan makan =p

Ruby
Wanderbites.com

Unknown said...

Warung jalanan biasa nya rasa nya JUARA :)

nia said...

nitmatnya gk ada yg nandingin,,

natan said...

mantap,,

candra said...

nice info