TRANSLATE

Wednesday 21 December 2016

3 MAKANAN THAILAND FAVORITE AISA

Siapa Foodilovers yang suka makanan Thailand? Kalau begitu sama dong dengan saya. Kali ini saya akan bahas 3 makanan Thailand favorite saya yang mungkin jadi favorite kamu juga.

Pad Thai: penampilan mirip kwetiau goreng tapi ukurannya lebih kecil dari kwetiau dan lebih besar dari bihun. Dimasak dengan telur, udang, toge dan daun kucai dengan taburan kacang tanah sangrai yang dicincang kasar. Kadang ditambah baso ikan, fish cake, dan lain- lain. Menurut saya Pad Thai yang enak itu tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak, rasanya harus balance ( balance yang dimaksud itu komposisi bumbunya harus pas, tidak terlalu asin dan gak bikin eneg karena kebanyakan bumbu ). Tauge yang masih terasa kress kress ketika dimakan jadi poin tambahan. Biasanya saya menambahkan perasan jeruk nipis sebelum disantap. 

Bagi Foodilovers yang pertama kali ke Thailand harus coba makan Pad Thai karena Pad Thai termasuk top 5 dari 50 makanan paling enak di dunia menurut poling pilihan pembaca dari CNN Go tahun 2011. Penjual Pad Thai banyak ditemui hampir di seluruh penjuru Thailand. 


Pad Thai original - Pad Thai Udang - Pad Thai fish cake - Pad hai bunga telang 


Tom Yum: sup khas Thailand yang rasa kuahnya asam dan pedas. Bumbu dasarnya terdiri dari sereh, daun jeruk, air perasan jeruk nipis, saus ikan, dan cabai. Tom Yam Goong ( goong = udang ) isinya dominan udang, tapi biasanya ada tambahan jamur, baso ikan, cumi, ikan, dan lainnya. Di Thailand sendiri terdapat berbagai versi Tom Yum, ada yang kuahnya agak bening, ada juga yang memakai santan. Saya suka semua versi Tom Yum karena saya memang penggemar masakan serba pedas dan asam. 

Tom Yum Goong 


Som Tam: salad pepaya muda ini banyak ditemui di berbagai negara Indochina sepertti Laos, Vietnam, dan Kamboja. Aslinya Som Tam ini berasal dari Laos dan masuk melalui Thailand Utara yang memang berbatasan dengan Laos. Som Tam juga banyak ditemui di berbagai pelosok Thailand. Pepaya muda dengan irisan tomat segar, kacang panjang ditambah taburan kacang dan ebi. Di beberapa restoran makanan khas Thailand Utara mereka memasukkan kepiting kecil ke dalam Som Tam. Kepiting lokal yang berwarna hitam yang diasinkan. 



READ:

No comments: